SEJARAH FISIB UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Tidak terasa usia Fakutas Ilmu sosial dan Ilmu Budaya UTM 12 tahun, fakultas ini berdiri pada 12 JUni 2008. Setelah 2 hari peresmian jembatan SURAMADU yang menjadi IKON Madura dan kebanggaan Indonesia.

Awal dibentuknya FISIB ini karena desakan mahasiswa prodi sosiologi dan ilmu komunikasi yang berada di bawah naungan Fakultas Hukum UTM. Mahasiswa mengajukan permohonan pada Dekan saat itu bapak Dr. Amir Hamzah SH,MH. untuk segera mewujudkan fakultas baru. Oleh karena itu dibentuklah tim kecil yang diketuai oleh Pak. Khoirul Rosyadi, Ph.D. namun karena beliau berangkat studi lanjut tim ini dialihkan ke dosen lain (tim kecil) dengan anggota;

  1. Dinara Maya Julijanti, S.Sos.,M.Si.
  2. Dr. Ekna Satriyati, SS.,M.Hum
  3. Prof suryo saksosno
  4. Misnadin, SS, MA.,Ph.D.

Kaprodi sosiologi saat itu bapak Drs.Subandri, MS. juga getol berjuang untuk mewujudkan fakultas baru, dengan menyusun proposal awal dengan nama Fakultas Ilmu Sosial namun tidak disetujui oleh Dikti. Akhirnya diusulkan FISIP fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Namun masukan dari Detaser di Universitas Trunojoyo saat itu beberapa PTN. USU, IPB, UB, dengan pertimbangan adanya dua program studi, prodi Psikologi dan sastra Inggris yang akan bergabung. Maka dari hasil rapat yang berulang kali bersama Dekan dan senat Universitas Trunojoyo maka pilihan nama FISIB fakultas iLmu Sosial dan Ilmu Budaya akhirnya disepakati oleh tim dan Rektor UTM saat itu (Prof. Ir. Ariffin, MS) dimana menaungi Prodi Sosiologi (2003), prodi Ilmu Komunikasi (2005), prodi Sastra Inggris (2006), prodi Psikologi (2007). Selain itu mantan dekan FE UTM Prof. Iwan Triyuwono, Ph.D. juga menjadi konsultan tim penyusunan proposal FISIB. Beliau menyarankan FISIB sebagai fakultas yang heterogen dari berbagai rumpun keilmuan nantinya menjadi fakultas yang dapat berkompetisi ditingkat nasional bahkan internasional yang berbudaya dan humanis.

Alhamdulillah dengan ijin DIKTI, FISIB berdiri dan hal ini disambut gembira oleh mahasiswa dan civitas akademika FISIB. Pertama kami menempati gedung lama di belakang rektorat yang dipimpin dekan yang dirangkap oleh dekan Fakultas Hukum 2008 bapak Dr. Amir Hamzah SH,MH.

Perjalanan fakultas kami tidak langsung mulus, sebagai fakultas ke 5 pada Universitas Trunojoyo. Kelas kuliah juga berpindah-pindah, laboratorium juga masih sederhana dan dosen infrastruktur masih terbatas.

pimpinan dan para kaprodi serta perwakilan dosen, Juli 2008

Dan hari ini 12 Juni 2020 FISIB dengan era baru dan semboyan baru,

Semoga sejarah FISIB ini akan menjadi catatan perjalanan yang selalu dikenang, oleh  civitas akademika FISIB untuk mengukir prestasi saat ini dan akan datang.

Bangkalan, 12 Juni 2020

oleh Dinara

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.